Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Membangun Akademi Mimpi, Sekolah Digital Untuk Semua




Bandung waktu itu. Di pelataran sebuah sekolah tinggi, aku duduk memegangi selembar brosur; Pasca Sarjana jurusan Digital Bussiness & Marketing. Biaya pendidikannya tinggi, aku gak akan mampu. Kulipat brosur itu dan kusimpan jauh, bersama dengan mimpiku menempuh magister di sana yang gak pernah lagi tersentuh.

Pandemi ini gak main-main, kita dipaksa untuk digitalisasi tanpa persiapan sama sekali. Di depan mataku setiap hari, ada usaha-usaha yang gulung tikar, mimpi-mimpi banyak orang yang padam, dan keluarga-keluarga yang tercekik ekonominya. Kita semua tiba-tiba harus go digital tanpa tau harus apa dan bagaimana. Kita tiba-tiba melakukan semuanya secara maya, tanpa siap apa-apa.

Sepuluh tahun duduk sebagai digital marketing specialist di banyak perusahaan, aku gak mungkin tutup mata. Aku punya mimpi kecil yang selalu kupupuk diam-diam dalam-dalam; memberi sekolah digital yang terjangkau untuk banyak orang terutama usaha kecil dan menengah. Ada pundak-pundak yang menyandarkan rejekinya di sana.

Rejeki pasca sarjana jurusan digital business itu sudah kubuang jauh-jauh. Aku menempuh jalan lain. Kulakoni puluhan kelas-kelas digital marketing. Puluhan online course yang biayanya sebagian kucicil, sebagian lagi dapat bantuan dari orang baik yang tau mimpiku untuk membantu lebih banyak orang. Menjadi pintu untuk mimpiku yang lebih besar; UMKM go digital.

Kudirikan kelas-kelas digital yang terjangkau untuk semua kalangan, online maupun offline. Kelas produksi konten, sosial media manajemen, strategi digital, manajemen e-commerce, sampai bagaimana menerapkan sistem keuangan dan pengelolaan secara digital. Kelas yang bisa diduduki semua pelaku usaha, siapa saja. Aku percaya pandemi ini tidak bisa mengalahkan kita.

Mari Melaju Digital

Di kelas kelas digital yang kubangun pelan-pelan, selalu kuperkenalkan hal-hal yang perlu dimiliki UMKM untuk melaju digital terutama di masa pasca pandemi ini. Ada satu teman baik yang tak pernah ketinggalan, namanya Asus ExpertBook B5. Sebuah perangkat yang siap menjadi sahabatmu melaju digital untuk apapun usaha yang sedang kamu upayakan.

Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Laptop kerja bikinan Asus ini punya tampang serius, dan di balik penampilan serius ini, ada powerhouse yang juga ngeri. B5 ini ibarat Christiano Ronaldo, gagah dan ganteng luar biasa saat pakai jas, tapi pas ganti jersey tim sepakbola, dia berubah jadi mesin pencetak gol.

Jadi, dia bisa segalanya. Dibawa meeting sama klien di coffee shop oke, dipakai ngerender video buat konten juga mantap.

Sini kuceritakan, bekal apa saja yang bisa kita siapkan untuk melaju digital.


Digitalisasi Keuangan


Digitalisasi terjadi di semua lini, keuangan pun enggak ketinggalan. Sekarang ini, kita lebih sering transaksi non tunai. Situasi ini bikin para pelaku usaha harus geser ke bentuk pembukuan, operasi, sampai model bisnis digital.

Digitalisasi keuangan membuat usaha kamu jauh lebih efisien dalam waktu maupun tenaga. Terapkan sistem non tunai untuk semua transaksi, ini akan membuat keuangan usaha kamu terpantau dan mengurangi risiko kebocoran di sana-sini. Kalau usaha kamu sudah punya banyak cabang, transaksi non tunai seperti dompet digital, e money, dan semacamnya, mempermudah mengawasi harga di semua unit usaha.

Kedua, gunakan sistem komputerisasi untuk pembukuan. Pendapatan, pengeluaran, dan margin, bisa kamu catat semuanya ke dalam pencatatan digital dan bisa terpantau kapanpun dimanapun. Pembukuan digital membuat kamu tidak perlu repot mengawasi satu satu unit usaha.




Digitalisasi keuangan ini, membuat kamu membutuhkan perangkat yang untuk arus keuangan yang serba cepat.  ExpertBook B5 dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 lengkap dengan kartu grafis Iris Xe dan intel Wifi 6 akan memenuhi kebutuhan kamu di sektor kecepatan.

Jadi, apapun usaha yang mau kamu lakuin, mau jadi trifter atau scalper, asal perangkat kamu cepet, keinginan kamu untuk mendigitalisasi keuangan pun bakal tercapai.

Work From Anywhere


Pandemi dan semua tetek bengeknya, memaksa kita untuk beradaptasi dengan yang namanya tempat kerja. Yang dulu semua orang beraktivitas di kantor, sekarang bisa dari mana saja. Dan kamu harus beradaptasi dengan itu. Kerja di rumah, di cafe, di taman kota, di working space, pandemi memaksa kamu bekerja dimanapun.

Kebutuhan akan perangkat-perangkat yang akan mendukung aktivitas seperti ini pun naik drastis. Pilihan banyak, tapi kita nggak boleh salah pilih. Asus ExpertBook B5 bisa jadi pilihan tepat buat kita.



Pertama, dengan bobot 1,11 Kg, laptop ini terbilang ringan, tapi, dia punya empat cell batere berkapasitas 66 WH yang bisa dipakai kerja ringan sampai 14 jam. Kamu gak akan kesulitan membawa dia bekerja dimanapun. Bahkan kalau kamu harus meeting di tengah perjalanan!

Kamu bisa menjalankan bisnis sambil nongkrong di warung kopi, di kereta, di mobil, atau melakukan presentasi bisnis di depan klien. Asus ExpertBook B5 punya standarisasi miiter Amerika, dengan sertifikat MIL-STD 810H. Kamu gak perlu khawatir mengajak dia memenangkan hati klien bahkan di tengah hutan sekalipun!


Digital Marketing


Kemana kamu menjual produk dan jasamu? Sini aku bisikin, kita akan berlari di garis digital marketing! Usahamu bisa dipasarkan di semua kanal-kanal digital. Dan kunci utama dari digital marketing adalah konten! Yes, kamu harus membuat video, desain, foto, dan paksakan diri untuk belajar optimasi sosial media. Jualan di tiktok Hayuk!



ASUS ExpertBook B5 cocok banget buat temen bikin konten kamu. Alasan pertamanya, spek layar ASUS OLED di B5 dan B5 Flip. Selain tampilan visual yang oke, reproduksi layar hingga 100 persen DCI-P3 juga bakal bikin aktivitas produksi konten kita menyenangkan.

Sertifikasi TUV Rheinland (low blue-light & anti-flicker) bakal bikin kita nyaman ngonten selama berjam-jam. Pantone Validated juga bakal membuat tampilan layar akurat, jadi enggak perlu ada koreksi-koreksi warna yang berlebihan.

VESA DisplayHDR TrueBlack juga enggak kalah penting. Kontras rasio yang baik akan membuat gambar terlihat jelas.

Dengan bobot yang ringan dan layar ASUS OLED, asik banget kamu bisa bikin konten buar usaha kamu dimanapun tanpa lelet!

Bikin kontennya setiap hari yaa.. Pelajari tren yang terjadi di semua sosial media. Blend dengan branding usaha kamu, dan jangan lupa belajar tentang konten marketing. Kamu gak bisa menunda-nunda buat bikin konten karena tren itu berubah SETIAP HARI. Kita harus berlari secepat itu. 

Konsistensi yaa.. Percaya sama aku, digital marketing akan membawa usaha kamu dilihat lebih banyak orang bahkan ke target market yang gak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Jarak usaha kamu dan customer, sedekat mata kamu dan layar ASUS ExpertBook B5.


Digitalisasi Sistem Operasional


Pola bisnis digital menuntut kita untuk menggunakan sistem operasi digital pula. Dari pengelolaan, pencatatan keuangan, pendataan atau bahkan manajemen SDM. Kamu enggak bisa bikin absen karyawan pakai kertas dan pulpen, akan riskan dicurangi dan kamu akan lelah mengawasi setiap hari. Dengan pengelolaan digital, kamu bisa memantau kinerja SDM di semua unit usaha dalam sekali lihat layar. Dimanapun dan kapanpun.

Pernah transaksi online dan menulis ratusan resi dalam sehari? Stop yaa.. Dengan digitalisasi, SEMUA resi kamu bisa tercetak dalam sekali tekan enter. Atau, pernah kewalahan menghitung stock yang terjual hari ini dan yang masih ada di gudang? Ayo buat inventory sistem! Setiap barang masuk gak perlu kamu catat satu-satu secara manual dan setiap barang yang keluar juga sudah otomatis terdata di sistem. Jadi gampang, kan?

Kebutuhan ini pun menuntut perangkat gesit dengan kemampuan multitasking yang sip. Dukungan RAM 3200Hz DDR4 berkapasitas 16GB yang bisa diupgrade hingga kapasitas 48GB pada ASUS ExpertBook B5,  bakal memberikan kemampuan multitasking yang baik. Keunggulan ini masih ditambah dengan pilihan jenis penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x4 SSD dengan kapasitas maksimal hingga 2TB (dua keping SSD dengan kapasitas masing-masing 1TB).

Gak khawatir lagi data usaha, data karyawan (yang pasti seabrek banyaknya), plus konten-konten usaha kamu yang bikinnya sudah susah payah, bakal kekurangan tempat simpan karena ASUS ExpertBook B5 ini punya kapasitas simpan yang legaaa. Semua data tersimpan dengan baik dan rapi.


Live Controlling

Pandemi ini bikin kita jalanin bisnis dimana aja. Tapi saat kamu udah punya banyak unit usaha, tentu kamu tetap mengawasi semuanya. Capek dong yaa.. kalau harus pengecekan satu-satu setiap hari. Tenang, kamu bisa kontrol remote usaha kamu dari manapun kamu berada.

Kalau kamu pakainya ASUS ExpertBook B5 dan B5 Flip, seperti semua produk ASUS dilengkapi dengan fitur Link to MyASUS. Fitur yang memungkinkan kita menghubungan semua perangkat ASUS milik kita, dari laptop sampai smartphone.

Dengan fitur ini, kita bisa dapat notifikasi aktivitas laptop dari smartphone atau sebaliknya. Transfer data dan remote file access pun bisa dilakukan lebih mudah, bahkan, layar smartphone kita bisa jadi screen tambahan untuk laptop kita.

Dengan semua fitur ini, kontrol usaha yang didigitalisasi pun bisa dilakukan dalam genggaman.


Digitalisasi Keamanan Usaha


Sudah melaju digital bukan berarti kamu bisa santai aja dengan keamanan yaa. Setiap transaksi tentu tetap harus diawasi, dan semua data, harus terjaga dengan baik di perangkat yang kamu gunakan. 

Perangkat utama usaha kamu, pastikan menggunakan sensor sidik jari yaa. Supaya cuma kamu yang bisa buka. Dan pastikan juga data-data usaha kamu juga ter back up dengan baik supaya gak mudah hilang karea itukan penting!



Oh tenang, kalau pakainya ASUS ExpertBook B5, sudah punya sejumlah fitur untuk menghadapi persoalan macam begini. Akses laptop yang dibatasi dengan sensor pembaca sidik jari dan terintegrasi dengan Windows Hello akan membuat perangkat ini jauh lebih aman.

Keamanan file pun terjamin, karena dua SSD di laptop ini bisa digunakan untuk saling back up. Jadi, kita nggak perlu takut kehilangan file karena selalu terback up secara otomatis.

Tetap Produktif

Walaupun udah go digital, bukan berarti kamu jadi santai-santai menjalankan usaha yaa. Harus tetap produktif dong! Tenang, semua kebutuhan kamu sudah ada di ASUS ExpertBook B5, dari mulai backlit keyboard, port konektivitas lengkap, dukungan tiga monitor eksternal lewat dua port Thunderbolt 4 dan port HDMI 2.0, sampai NumberPad 2.0 bisa bikin semangat kita untuk jadi pengusaha produktif makin menyala.

-----

Pandemi pernah mengalahkan kita, tapi dengan melaju digital, aku percaya dunia maya adalah jalan baru untuk kita tetap maju sebagai pelaku usaha. Jangan kalah sama keadaan, kita punya ASUS ExpertBook B5, siap jadi teman baik kamu menghadapi digitalisasi terutama di masa pasca pandemi.

Doain aku yaa.. Semoga kelas-kelas digital yang terus aku upayakan bisa jadi ikhtiar untuk menghidupkan lebih banyak usaha terutama kecil dan menengah. Supaya mereka yang hidup di desa-desa, juga bisa memasarkan dan menjalankan usahanya secara digital. Sampai nanti pandemi ini pergi, kita membangun akademi mimpi, sekolah digital untuk semua.




1 komentar

  1. Akademi mimpi hemm apalagi sekarang masa-masanya kejar SBMPTN, semangat nih yang sekolah apalagi yang beranjak ke bangku kuliah. Harus ambis belajar apalagi dengan laptop keren ini hemm, jadi kepincut juga.

    BalasHapus